Bantuan DPP GAMKI bagi Korban Kebakaran di Situs Kampung Adat Umbu Koba

NTT,Lenterakristiani.com-Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), Sahat Martin Philip Sinurat, mengunjungi para korban musibah kebakaran di kampung situs adat Umbu Koba, Desa Delo, Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa (29/9).

Kunjungan Sekum DPP GAMKI ini didampingi oleh Ketua DPP GAMKI Bidang Koperasi dan UMKM Samuel Farlindungan Silaen dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GAMKI Kabupaten Sumba Tengah. Mereka diterima oleh Camat Wewewa Selatan dan Kepala Desa Delo. “Kami dari GAMKI merasa prihatin dengan musibah yang menimpa bapak-ibu di kampung situs adat Umbu Koba ini. Kami juga menyampaikan turut berduka-cita yang mendalam atas kejadian yang menimpa warga terkhusus korban yang meninggal,” kata Sahat.

Dalam kunjungan ini GAMKI juga menyerahkan bantuan sembako kepada para korban kebakaran yang diterima langsung oleh Camat Wewewa Selatan dan Kepala Desa Delo. “Ini adalah kampung situs budaya yang perlu mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui pemerintah daerah. Ada program revitalisasi kampung situs adat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga Pemda bisa berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk mendapat program tersebut, agar kampung ini dapat direvitalisasi,” tambah Sahat.

Charles Ndapa Tondo selaku Camat Wewewa Selatan didampingi oleh Kepala Desa Umbu Koba, menerima bantuan tersebut dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan bantuan dari GAMKI. “Kami berterima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan GAMKI kepada kami disini. Kami berharap, melalui GAMKI yang sudah berkunjung hari ini, bisa menyampaikan kejadian ini kepada masyarakat lainnya sehingga lebih banyak yang tergerak untuk membantu masyarakat di sini,” kata Charles.

Sebelum meninggalkan kampung Umbu Koba, rombongan GAMKI berjalan bersama beberapa warga untuk melihat rumah-rumah yang terbakar.

Sebelumnya, pada Minggu (27/9), terjadi kebakaran di kampung situs adat Umbu Koba. Kebakaran ini dipicu oleh petir yang menyambar salah satu rumah, serta menelan korban seorang wanita berusia berusia 65 tahun.

Selain adanya korban jiwa, terdapat 25 rumah adat yang hangus terbakar. Sebanyak 35 KK yaitu sekitar 200an warga yang sebagian adalah anak-anak, kehilangan tempat tinggal dan harus tinggal di posko tenda sementara.

Facebook Comments

Default Comments (0)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*